Rekomendasi Susu Soya Anak Morinaga Chil*School

Sabtu, 05 September 2020



 

Masih terbayang diingatan saya beberapa tahun yang lalu , saat pertama kali saya berkonsultasi ke dokter Anak dan mengetahui anak saya Ana mengalami alergi susu sapi. Awal mulanya  saya memberikan snack ringan berbentuk cookies dan beberapa jam kemudian dia mengalami bentol merah dan ruam di sekitar wajahnya, setelah dicek di kemasannya ternyata di dalam kandungannya terdapat komposisi milk powder . Panik dan khawatir pasti ya mom apalagi hal ini terjadi pertama kalinya untuk saya, apalagi saya juga belum terlalu banyak mengetahui info tentang alergi pada anak.



Akhirnya setelah saya dan suami melakukan pengecekan di DSA ternyata Ana memang mengalami alergi susu sapi sedangkan suami saya memiliki riwayat  alergi terhadap seafood.


"Alergi adalah reaksi dari sistem imun terhadap suatu zat yang
dianggap berbahaya yang masuk dalam tubuh".

 

 

Ana yang sempat dirawat karena alergi

 

Kalau mom apakah si kecil pernah mengalami alergi ?? Bayi dan anak-anak memang lebih mudah mengalami alergi karena daya tahan tubuh mereka masih sangat rentan. Alergi sendiri terjadi akibat adanya reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu zat yang masuk di dalam tubuh. Dan hal yang paling sering ditemukan pada kasus alergi anak yaitu alergi susu sapi, intoleransi laktosa dan alergi makanan. Untuk Ciri-ciri yang umum dan mudah dikenali seperti muncul  gatal, iritasi atau ruam pada kulit hingga muntah.

Untuk gejala alergi susu sapi sendiri  dapat timbul dalam hitungan beberapa menit hingga beberapa jam setelah pertama kali mengkonsumsi susu sapi atau turunannya seperti keju, yogurt, kue dengan komposisi susu. Seperti pada Ana saat itu muncul ruam dan kemerahan di sekitar wajah dan kulit tangannya ketika kurang lebih 2 jam setelah mengkonsumsi makanan dengan kandungan milk powder.

 

Gatal dan Ruam gejala umum pada alergi


Lalu faktor apa saja yang mempengaruhi timbulnya alergi ??

Ternyata Ada 2 faktor yang mempengaruhi timbulnya alergi , yaitu :

1. Faktor Internal


Faktor ini lebih kepada genetik, dimana anak dengan orang tua yang berkecenderungan mengalami/memiliki alergi maka kemungkinan besar si anak ini  akan mengalami alergi juga.
a. Ayah alergi   +  Ibu alergi   =  Anak 50 – 80 % alergi
b. Ayah alergi   +   Ibu tidak   =  Anak 20 – 40 % alergi

Untuk khasus saya sendiri ternyata ada di point b dimana suami saya alergi dan saya tidak sehingga kemungkinan 20-40% Ana menderita alergi susu sapi.

2. Faktor Eksternal 


 Yang mempengaruhi anak terkena alergi bisa berasal dari luar seperti makanan dan lingkungan :


 a. Lingkungan yang terlalu kering, penggunaan personal hygiene  bayi yang mengandung hyper detergent, debu, rumput dan serbuk dari tumbuhan berbunga dapat memicu alergi pada anak. 


 b. Makanan, setelah saya cari tahu ada sedikitnya 8 makanan utama yang menjadi pencetus alergi yaitu susu, telur, seafood, gandum, ikan, kacang tanah, kacang kedelai serta kacang pohon bergetah (walnut, almond, hazelnut, cashew dan pistachio) 

 

lingkungan dan makanan bisa menjadi pencetus alergi


GEJALA ALERGI PADA ANAK

Ketika saya mencari tahu di web cekalergi.com, sedikitnya ada tiga gejala alergi yang paling sering muncul pada anak, diantaranya:

⦁    Gangguan pada kulit seperti muncul bentol, ruam , gatal dan eksim.
⦁    Gangguan pada pernafasan seperti anak sering bersin, tenggorokan terasa gatal dan napas berbunyi saat tidur.
⦁    Gangguan pada  pencernaan seperti mual, muntah, diare hingga buang air besar berdarah.

 
Biasanya hal yang paling sering ditemukan untuk anak yang sedang mengalami pertumbuhan adalah alergi susu sapi, bahkan 1 dari 5 anak di Indonesia mengalami alergi ini termasuk Ana anak saya . Menurut DSA alergi pada anak adalah hal wajar dan cara mencegahnya dengan menghindari semua penyebab alergi termasuk berhenti memberikan makanan pencetus alergi. Oleh karena itu mom jika anak kita menderita alergi kita harus tahu pencetus alergi yang terjadi pada si kecil sehingga kita tau cara mencegahnya. Jika mommy masih ragu untuk tahu si kecil alergi terhadap apa lebih baik untuk membawa si kecil ke Dokter spesialis anak untuk berkonsultasi.



Lalu apakah anak alergi boleh diberikan susu dan bagaimana saya memberi asupan nutrisi untuk perkembangan Ana yang memiliki alergi susu sapi  ??

Kita sendiri tahu kalau makanan pencetus alergi memiliki nutrisi dan gizi yang baik bagi tumbuh kembang si kecil seperti contohnya susu. Dan susu pertumbuhan merupakan salah satu sumber nutrisi tambahan selain dari makanan yang dikonsumsi oleh sikecil karena memiliki kandungan yang lengkap dan baik untuk mendukung tumbuh kembangnya, tapi sedih ya mom kalau ternyata sikecil tidak bisa mengkonsumsi susu pertumbuhan karena alergi susu sapi. 


susu pertumbuhan merupakan salah satu sumber nutrisi tambahan


Saya menyadari jika tidak disikapi dengan tepat, alergi dapat menghambat aktivitas dan tumbuh kembang Ana mulai dari kegiatan belajar, bermain hingga aktivitas stimulasinya akan sangat terganggu, karena WAKTU TAK BISA KEMBALI sebagai orang tua saya pasti akan berusaha memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan baik walaupun Ana memiliki alergi susu sapi sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan baik dan bisa menjadi generasi platinum.

 

 



 

 Karena saya ingin selalu hadir di setiap langkah Ana  dengan memberikan persiapan dan nutrisi terbaik sejak dini. Agar saya bisa terus membimbing bakat Ana karena bagi saya itu sangat berharga sekali karena #waktutakbisakembali untuk mendapatkan moment tersebut.



Tips Untuk mengatasi Anak Alergi

Memberikan asupan makanan pada anak yang memiliki riwayat alergi terutama alergi susu sapi memang sedikit berbeda dengan anak yang tidak memiliki riwayat alergi . Oleh karena itu sedikit tips dari saya untuk memenuhi nutrisi Ana yaitu saya mengganti makanan pencetus alergi Ana dengan makanan pengganti lain, contohnya mengganti telor yang kaya akan protein dengan daging ataupun sayuran dan mengganti susu pertumbuhan dengan susu soya anak. Intinya kita harus mengganti makanan pencetus alergi si anak dengan makanan pengganti yang gizinya setara.

 

penuhi asupan nutrisi sikecil dengan makanan yang sehat

 Karena tau Ana memiliki alergi susu sapi saya jadi lebih selektif untuk memberikan produk susu khusus alergi untuk untuk memenuhi kebutuhan Ana. Seperti pemilihan susu soya anak . Untuk itu saya dan suami memilih susu Morinaga Chil*School Soya setiap hari untuk bantu penuhi nutrisi Ana yang kini berusia 3 tahun. Kandungan vitamin, mineral dan gizi di dalamnya membantu meningkatkan imunitas dan kecerdasan si kecil serta aman untuk penderita alergi. 

 

susu Morinaga Chil*School Soya

 


 Tentang Morinaga Allergy Total Solution

Morinaga Research Center Japan mengembangkan Morinaga Allergy Total Solution yang dapat membantu pemberian nutrisi yang tepat bagi anak-anak yang berbakat dan memiliki alergi. Melalui produk Morinaga P-HP dan Morinaga Soya mendukung Kecerdasan Multi Talenta anak yang mendukung pertumbuhan otak, Pertahanan Tubuh Ganda yang membantu perkembangan sistem imunitas tubuh dan Kesehatan saluran cerna, serta Tumbuh Kembang Optimal. Morinaga P-HP dan Morinaga Soya adalah satu-satunya formula pertumbuhan dengan protein soya yang diakui BPOM dan dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA, serta mengandung nutrisi sinbiotik (sinergi dari probiotik dan prebiotik)dengan 3 jenis Bifidobacteria. Adapun dari BPOM, kebutuhan protein pada anak usia 1-3 th adalah 3.2 g/100kkal, dan di dalam Morinaga Chil*School Soya sudah memenuhi kebutuhan pertumbuhan Si Kecil karena mengandung 3,4 g / 100 kkal

 


 

 

  Review Morinaga Chil*School 

 



Produk Morinaga Chil*School ini memang menjawab pertanyaan saya sebagai orang tua dengan anak yang memiliki riwayat alergi, karena Morinaga dengan MoriCare+ Prodiges ini memiliki keunggulan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multi talenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal. Dimana Morinaga Soya adalah satu-satunya formula pertumbuhan dengan protein soya yang diakui BPOM dan dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA, serta mengandung nutrisi sinbiotik (sinergi dari probiotik dan prebiotik) dengan 3 jenis Bifidobacteria.





KEUNGGULAN MORINAGA SOYA

Morinaga Chil*School Soya MoriCare+ adalah susu pertumbuhan dengan isolate protein kedelai yang khusus diformulasikan untuk usia 3 -12 tahun. Si kecil dengan alergi seperti intoleransi terhadap laktosa, menderita galaktosemia dan intoleransi terhadap protein susu sapi sangat baik untuk mengkonsumsi susu soya anak ini.

Keunggulan lainnya seperti:


⦁    100% Protein Soya. Dengan kualitas protein setara susu sapi. Diperkaya L-Metionin, Carnitine, Asam Amino Esensial, serta Vitamin dan Mineral.

⦁    Kecerdasan Multitalenta. Kalsium merupakan salah satu komponen untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Pendukung tumbuh kembang anak sejak awal kehidupannya. Vitamin D memiliki fungsi untuk menjaga pertumbuhan tubuh dengan membantu penyerapan kalsium, sehingga dapat diserap lebih baik oleh tubuh.

 


⦁    Pertahanan Tubuh Ganda. Kombinasi Probiotik Bifidobacterium longum BB536 dan Bifidobacterium breve M-16V, serta Prebiotik FOS membantu meningkatkan populasi Bifidobacteria dalam saluran cerna, dan mendukung kesehatan saluran cerna. Nukleotida untuk mendukung maturasi saluran cerna.

⦁    Tumbuh Kembang Optimal. Kolin, DHA, AA, AL, AAL, dan zat besi untuk mendukung fungsi otak dan perkembangan sistem saraf, penglihatan. 16 asam amino dengan komposisi seimbang dan difortifikasi dengan L-Metionin, Sistein, dan Taurin yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak .

 




MANFAAT MORINAGA SOYA UNTUK ANAK

Kandungan Morinaga Soya merupakan kombinasi antara zat gizi makro dan mikro yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Tapi meskipun si kecil tidak bisa minum susu sapi karena alergi seperti Ana, namun nutrisi tambahannya tetap dapat terpenuhi melalui susu kedelai atau susu soya anak.

Apa saja kandungan makro dan mikronya seperti berikut ini  : 




⦁    Protein sebagai komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
⦁    Vitamin B12 berperan sebagai koenzim dalam pembentukan asam nukleat misalnya pembentukan sel darah merah.
⦁    Zat besi sebagai komponen hemoglobin dalam sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.
⦁    Zinc dan Vitamin A membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
⦁    Tinggi Kalsium dan Vitamin D yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. 




Untuk kandungannya sendiri sangat lengkap ya mom untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dengan baik.

Ana seneng sekali mengkonsumsi Morinaga Chil*School Soya untuk rasanya sendiri terdiri dari 2 varian Vanila dan Madu dengan ukuran 300 gram. Sedangkan Ana lebih suka dengan varian rasa Vanila nih mom. Untuk konsumsinya sendiri idealnya setiap hari minimal 3 gelas perhari tapi kadang sesuai kebutuhan Ana juga dan biasanya saya memberikan susu soya anak dijadwal snack time dan ketika akan tidur.


Ana suka sekali rasa vanila


Untuk sekali minum, saya menambahkan 6 sendok takar Morinaga Chil*School Soya ke dalam 180 ml air hangat. Saya menggunakan air hangat untuk melarutkan Morinaga Soya. Air matang yang terlalu panas ternyata bisa mengurangi manfaat bifidobakteria hidup loh mom. Setelah diseduh lebih baik dihabiskan kurang dari 2 jam agar tidak terkontaminasi dengan bakteri atau kuman disekitar. 

 

Saat diseduh lebih baik dihabiskan kurang dari 2 jam

 

PETUNJUK PENYIMPANAN

Petunjuk penyimpanan merupakan hal penting yang kadang suka disepelekan nih, kadang agar praktis banyak orang tua menyimpan susu formula di dalam kulkas, padahal cara ini salah loh mom. Untuk menjaga kualitas susu formula yang dikonsumsi Ana

1. Saya tutup rapat kemasan dan simpan di tempat yang bersih dan kering, tidak terpapar matahari langsung.
2.Menggunakan sendok takar yang bersih dan kering agar susu tidak menggumpal.
3. Untuk Morinaga Soya kemasan 300gr hanya bertahan 2 minggu setelah dibuka. Jadi  saya harus segera habiskan sebelum 2 minggu.
Simple dan mudah kan mom untuk penyimpanannya ...

 

Jangan disimpan di dalam kulkas bisa merusak kualitas susu formula  


                Simpan ditempat wadah yang tertutup dan tidak terpapar sinar matahari



Oh iya mom untuk mom yang ingin tahu lebih banyak seputar alergi, alergi susu sapi, cara mencegahnya bahkan menu masakan bebas alergi sekalipun,  bisa mengunjungi website www.cekalergi.com  , fiturnya sangat informatif sekali. Di web  www.cekalergi.com saya sendiri dapat banyak sekali informasi yang dulunya saya tidak tahu sama sekali tentang alergi  kini menjadi lebih mengerti. Selain itu ada Live chat untuk konsultasi dengan dokter, cek alergi, dan informasi lengkap soal alergi pada si kecil. Website ini sangat bermanfaat dan membantu sekali bagi orangtua dengan anak penderita alergi.


di www.cekalergi.com sangat membantu saya mendapatkan informasi seputar alergi


KESIMPULAN

Sebagai orang tua yang punya anak dengan alergi susu sapi, Saya sangat senang sekali karena Morinaga berinovasi dengan menawarkan lebih banyak pilihan varian rasa susu khusus anak dengan alergi dengan rasa yang disukai anak-anak , sehingga saya tidak perlu khawatir lagi melihat tumbuh kembang Ana terganggu karena Waktu Tidak bisa terulang kembali oleh karena itu saya senang sekali bisa mendampingi perkembangan Anak saya dengan baik di setiap moment sehingga dia bisa menjadi generasi platinum bersama susu soya anak Morinaga Chil*School Soya .


Saya rekomendasikan Morinaga Chil*School Soya untuk penuhi nutrisi Ana yang alergi susu sapi


Untuk orang tua yang memiliki anak alergi saya sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi  susu soya anak Morinaga bagi si kecil dengan alergi susu sapi mulai dari usia 1 tahun untuk memenuhi nutrisi dan gizinya lebih baik.

Waktu Tak Bisa oleh karena itu penuhi nutrisi sikecil dengan baik untuk menjadi generasi platinum yang gemilang. Jangan lupa untuk join kompetisi #WaktuTakBisaKembali bersama Morinaga ya mom.

 


Dan jika ingin tau informasi lebih banyak ataupun promo yang diberikan Morinaga Chil*School Soya bisa langsung hubungi sosial media mereka.


     
     facebook : Morinaga Platinum
     Instagram : @MorinagaPlatinum
     Website : www.cekalergi.com
     Twitter : @MorinagaID
     Youtube : MorinagaPlatinum

11 komentar:

  1. gak perlu takut lagi sama nutrisi anak ya mbak meskipun anak mengalami alergi susu sapi, semoga tumbuh kembangnya selalu bagus ya mbak

    BalasHapus
  2. Anakku sempat minum Morinaga juga karena waktu dia alergi susu sapi dan dikasih rekomendasi Morinaga.

    BalasHapus
  3. Ilmu baru buat aku nih bun. Yang masih belajar jadi calon orangtua. Anak mengalami alergi susu sangat menyiksa. Alhamdulillah ketemu yang cocok

    BalasHapus
  4. baca ini ajid banyak pengetahuan tentang susu yang membuat alergi, btw sehat-sehat ya adek, semoga tumbuh jadi anak yang sehat dan cerdas, dan jangan lupa minum susunya ya

    BalasHapus
  5. Sekarang morinaga uda ada variant soyanya ya, jadi buat anak yang alergi susu sapi aman ya.

    BalasHapus
  6. Sehat terus ya dek, keren yah sekarang sudah ada susu varian soya, buat yang alergi susu sapi jadiny aman hehe.

    BalasHapus
  7. Kalo ayah ga ada riwayat alergi tp ibu ada brp % potensi anak pny aletgi juga kak? Krn ini kejadian di aku. Anak aku ada potensi alergi tapi di kulit ☹️

    BalasHapus
  8. Anakku ada alergi tapi bukan alergi susu sapi.
    Alhamdulillah ya anak2 skrng walau ada alergi susu protein sapi nasih bisa menerima nutrisi yang sama baiknya dari susu soya

    BalasHapus
  9. anakku juga pakai Morinaga tapi bukan yang soya karena ga ada alergi susu sapi hehee :)

    BalasHapus
  10. Apa efek alergi setiap anak selalu berupa gatal, kak..?
    Kemarin anakku ada kaya jerawat gitu...aku belum ke dokter, karena sekarang uda kempes.
    Coba minum Chil School yaa...agar nutrisi anak tetap terjaga walau alergi.

    BalasHapus