LIBURAN KE TAIWAN YUK KUNJUNGI DISTRIK DONGSHI DI TAICHUNG

Sabtu, 29 Mei 2021

Berbicara tentang negara Asia sepertinya tak lengkap kalau tidak mengunjungi Taiwan, karena Taiwan  memiliki daya tarik sendiri serta banyak destinasi yang mengesankan untuk dikunjungi. Oleh karena itu Taiwan menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan Indonesia. Karena memang selain akomodasi dan biaya hidupnya cukup terjangkau untuk wisatawan, kita dimanjakan dengan keindahan dan berbagai festival di negara ini.

 



 

Taiwan memiliki sejuta keindahan mulai dari Garis pantai yang mempesona, pemandangan hijau subur, pegunungan berkabut, sudut kota yang menarik  dan kuil yang tenang yang sangat menarik perhatian. Menjadi salah satu  godaan terbesar untuk mengexplore keindahan Taiwan yang mempesona. Belum lagi makanan dan minumannya yang menggugah selera serta street food yang lezat untuk dicicipi.

 

 Di antara energi kota-kota perkotaan yang dinamis, hiruk pikuk pasar malam yang terkenal, budaya yang penuh warna, sejarah yang memukau, orang-orang yang sangat ramah, dan pemandangan yang dramatis, serta sudut kota yang menarik untuk diabadikan  , Disitulah kamu akan menyadari betapa mengagumkannya hal-hal yang didapat ketika menjelajahi negara ini.

 



 

Taiwan sendiri melewati empat musim penuh. Sama seperti destinasi empat musim lainnya Taiwan memiliki atraksi atau festival menarik yang berbeda setiap musim. Jika anda berlibur di musim semi antara bulan Feb dan maret anda bisa menikmati Cherry Blossom festival yang terkenal, Untuk Musim Panas antara Mei –Juni anda bisa menikmati dragon boat festival di Sungai Dajia Riverside Park. Musim Gugur di bulan Setember – November menjadi puncak perayaan Moon festival, sedangkan Musim Dingin sekitar bulan November – Maret anda bisa menikmati festival Dongzhi untuk menyantap Yuan bersama-sama.

 



Untuk transportasi di negara ini anda tidak perlu khawatir untuk tersesat karena Taiwan sendiri memiliki transportasi yang cangggih selain transportasi pada umumnya , Transportasi kereta mrt yang mewah, luas dan efisien disetiap distriknya serta Taiwan High Speed Rail (THSR) dimana salah satu pilihan transportasi kereta terpopuler di Taiwan

 



 

Nah kalian tau gak sih kalau ternyata Taiwan sendiri memiliki beberapa distrik atau wilayah yang memang memiliki keindahan dan history yang berbeda di masih-masih wilayah. Dan kali yuk kita bahas distrik Dongshi yang merupakan distrik terbesar ketiga di Taiwan.

 

 

 

    東勢形象商圈 ( Dongshi District Image Shopping District )

                  Lokasi: Taichung Dongshi

 



 

 Distrik Dongsi sendiri merupakan distrik di pinggiran kota di timur Taichung dan merupakan distrik terbesar ketiga setelah distrik Heping dan Taiping.  Terletak di Jalan Zhongshan keindahan utama Distrik Dongshi merupakan ujung dari Koridor Hijau Jalur Sepeda Dongfeng.  Jalur sepeda yang bisa dinikmati keindahannya sambil bersepeda santai.

 

 



 

Untuk Transportasi menuju Distrik Komersial Dongshi kalian bisa memilih opsi dibawah ini :

Pilih kereta yang menuju Stasiun Kereta Api Taichung, -> lalu pilih Bus Fengyuan nomor 270, 271, 276, 277 menuju Stasiun Dongshi

 

 Lingkungan sekitar district dongshi menghubungkan:

   -          Koridor Hijau Kereta Api Dongfeng,

-           Area Rekreasi Pemandangan Bendungan Shigang yang menyejukan mata menjadi     tempat fav untuk piknik

-          Xinshe Bailenzhen Distrik Budaya disini terdapat bangunan dengan arsitektur unik khas cina hingga eropa seperti kastle yang indah serta taman dan danau tempat yang cocok sekali untuk mengabadikan swafoto dalam jepretan kamera. 

-          Guguan Leisure dan area tamasya seperti area pemandangan mata air panas yang merelekskan.

-          Taman Pendidikan Ekologi Pertanian Hutan Sijiao telah membentuk zona tamasya dan rekreasi hijau yang lengkap

 

Selain itu distrik ini terkenal menghasilkan buah sepanjang tahun karena iklimnya, untuk kalian penikmat buah harus singgah ke distrik ini dan menikmati kesegaran buahnya . Seiring berjalannya waktu kini peran distrik bisnis Dongshi telah berubah dari citra pusat transportasi menjadi pusat tamasya dan rekreasi karena memang banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan disini.

 

 Lalu tempat wisata apa saja yang bisa kita nikmati ketika berada Taichung Dongshi ??

 Yuks simak beberapa rekomendasi tempat wisata dan kuliner yang harus dikunjungi .

 

 

 

 

 1. 東勢客家文化園區 ( Dongshi Hakka Cultural Park )

Lokasi: 台中市東勢區中山路1No. 1, Zhongshan Road, Dongshi District, Taichung City

 

 



Museum Taman Budaya Dongshi Hakka dibangun kembali dari Stasiun Kereta Tua Dongshi. Taman Budaya Dongshi Hakka merupakan taman rekreasi dan tempat untuk mengenal budaya Hakka serta menampilkan kearifan sejarah masyarakat Hakka.

 

Misalnya Festival Hakka New Ding Ding yang terkenal berasal dari masyarakat hakka awal. Lalu jika ada pernikahan dalam keluarga, pangsit kura-kura merah atau pangsit pernikahan akan dilakukan pada Festival Lentera pada tahun berikutnya. Penyembahan dewa di kuil juga  telah menjadi acara budaya utama Dongshi dan “Festival Dingcun Baru Dongshi" festival dimana bersama-sama menikmati Tang Yuan.

 




 Dan kini suasana museum terus berubah, transportasi, pendidikan, dan musik, dan semuanya diubah secara sistematis , sehingga jika kita berkunjung mungkin akan menemukan tema yang berbeda setiap kali kedatangan . 

 



 Jadi buat kalian yang ingin menikmati kebudayaan nasional Taiwan, Museum Taman Budaya Dongshi Hakka bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi

 



 Lalu yang tidak kalah menarik yaitu dibagian belakang museum terdapat jalan sepeda Koridor Hijau Dongfeng serta ada pasar kecil yang bisa anda nikmati ketika melakukan tamasya sepeda. 

 

 

 

2.  東豐綠色自行車道 (Dongfeng Bicycle Green Way )

 

 



 


 

Awalnya jalur ini adalah rel kereta api, namun kemudian rel diubah menjadi jalur sepeda yang sangat indah dan kebanyakan orang Taiwan pernah ke sana untuk bersepeda santai di jalur yang terbentang sepanjang 12 kilometer ini sambil menikmati suasana pepohonan yang rindang , indahnya tepi sungai Dajiaxi , jembatan, dan terowongan . Buat kalian wisatawan juga bisa menyewa sepeda dan sepeda listrik di tempat yang ditentukan . 

 





 

 

     3 . 樟腦故事體驗館  ( Camphor Story Experience Hall )

Lokasi:台中市東勢區中山路1No. 1, Zhongshan Road, Dongshi District, Taichung City

 

 



 

Pada masa-masa awal dahulu Taiwan  adalah "kerajaan kapur barus" di Asia, dan sebagian besar produksi kapur barus didasarkan pada orang Hakka.

 



Tempat ini menjelaskan asal usul kamper di Taiwan. Camphor Story Experience Hall berbentuk rumah yang berisi perlengkapan rumah cukup sederhana, tetapi memiliki daya tarik dan fitur khusus dari seluruh lantai rumah dapat dilihat.

 



 

 Rumah ini memanjakan pengunjung dengan pengetahuan terkait kamper, minyak kamper serta proses pembuatan DIY .  Produk kamper yang dibuat oleh pohon kamper Taiwan dapat digunakan untuk mengusir serangga, ngengat yang berada di lemari. Produk yang terbuat dari pohon kamper Taiwan juga sangat harum.

 




 



 4 . 月恆門與金門橋 ( Eternal Moon Gate and Kimmen Bridge )

 

 Kimmen Bridge

Sebuah jembatan batu lengkung sederhana dibentuk dari pengikatan bahan-bahan tradisional seperti beras ketan, gula merah, dan jeruk nipis.

"Jembatan Gerbang Emas Xiachengzhuang" memiliki panjang sekitar 3,1 meter dan lebar 2,3 meter. 

 

 




Awal cerita Ketika Jembatan Gerbang Emas Xiachengzhuang dibangun, Saat pecahnya Perang Pasifik, semua semen disita. Dengan tidak adanya bahan, Saat itu, warga hanya bisa menggunakan batu, kapur, beras ketan, dan gula merah sebagai pengganti semen untuk konstruksi. 

 

 


Cara dan bentuk konstruksinya tidak hanya memiliki nilai kelestarian, tetapi juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga sekitar.

 

 Eternal Moon Gate

 Eternal Moon Gate merupakan  pemukiman awal Hakka yang merupakan gerbang kecil pemukiman, situs sejarah lokal.

 



Gerbang "Yuehengmen" memiliki tinggi sekitar 4,5 meter dan lebar total sekitar 4,6 meter.

Pintu bagian dalam selebar 1,9 meter, dan bagian paling atasnya adalah ubin merah dari Dinasti Qing, di tengahnya ada tulisan batu biru bertuliskan Yueheng dari batu merah.

 



Tepat di atas pintu gerbang, ada "mata pistol" melingkar di sisi kiri dan kanan, serta ada bait di sisi kiri dan kanan:

Bekas dinasti Ding Xiang Xianyi "dan" Rishengmen "saling bersinar

 

 

Setelah bersepeda santai atau sekedar berjalan-jalan menikmati sejarah daerah Dongshi  tak lengkap rasanya kalau tidak mengenal dan mencicipi makanan serta minuman lezat disini yang sangat sayang jika dilewatkan mulai dari Es Mutiara Luo Kee, Es Dongshi Dawangongbin ,  Daging sapi dongshi , ataupun stinky tofu.

 

 

 

 

         羅氏粉粿 ( Luo Kee Pearl Ice )

Lokasi: 台中市東勢區本街244 No. 244, Ben Street, Dongshi District, Taichung City

 



Es Mutiara Luo Kee  ini ternyata hanya dijual selama tujuh bulan dalam setahun, dari bulan April hingga Oktober setiap tahun. Selalu terjual habis dari pagi hari mulai dari jam 8 sampai jam 12. Jadi pastikan anda datang sebelum jam 12 untuk menikmati kesegarannya.

 



Harga ukuran gelas besar 25 NTD (Rp 12.500),

ukuran gelas kecil seharga 20 NTD (Rp 10000)

harga ini termasuk murah dibanding es sejenis yang dijual di jakarta loh dan yang pasti rasanya pasti lezat.

 

 

 

                                    東勢牛稼莊 ( Dongshi Niujiazhuang )

Lokasi: 台中市東勢區新豐街7No. 7, Xinfeng Street, Dongshi District, Taichung City

 

 


 

Tempat ini menjual masakan daging sapi Dongshi yang terkenal lezatnya selama 60 tahun , banyak orang yang merekomendasikan "Niujiazhuang" sebagai tempat berkumpul terbaik saat menjamu tamu untuk makan bersama dan daging sapi menjadi hidangan terbaik untuk dicoba saat makan siang . Restaurant ini menyediakan berbagai macam variasi daging dan menu makanan local yang lezat.

  

 

sumber qoblog.tw

 

 


 

 

                        大茅埔臭豆腐  ( Da Maopu Stinky Tofu )

Lokasi: 臺中市東勢區新豐街7No. 7, Xinfeng Street, Dongshi District, Taichung City

 

 Tahu busuk atau dikenal dengan Stinky tofu merupakan makanan khas dari Taiwan yang tidak boleh terlewatkan. Meskipun memiliki bau yang khas namun kelezatan dari tahu busuk ini tidak dapat dilewatkan karena ini merupakan makanan legendaris di Taichung.  Ini adalah kedai makanan legendaris tempat penduduk lokal dan turis lewat dan memesan sepiring tahu bau.



 

Membaca artikel para food blogger Da Maopu Stinky Tofu memiliki bau yang khas tapi enak, dan itu adalah tahu bau yang lembut.

Tahu ini dijual dengan harga 40NTD (Rp 20.000) untuk 4 buah tahu.

 

 

    東勢大碗公冰 ( Dongshi Dawangongbin Ice )

Lokasi: 台中市東勢區中山路33No. 33, Zhongshan Road, Distrik Dongshi, Kota Taichung

 



 

 

Toko es ini adalah toko es ukuran super besar. Es dapat dibuat untuk satu orang dan ukuran besar lainnya. Ukuran yang disediakan oleh toko bervariasi antara ukuran mangkuk no 2, 4, 6, 10, 30 dalam satu mangkuk. Mangkuk es ukuran 30 begitu besar sehingga bisa untuk dimakan bersama-sama dengan teman.

 


 

 


Untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu seharian berkeliling di distrik dongshi semoga artikel blog ini membantu anda untuk membuat jadwal itinerary ketika mengunjungi Taiwan.

 

Anda juga tidak perlu takut akan kesulitan mendapatkan transportasi karena  untuk  transportasi selama berada di Taichung sangat mudah sekali dan semua terintegrasi dengan baik selain itu kini Taichung Metro Green Line resmi beroperasi, Taichung menjadi kota ketiga di Taiwan dengan MRT.

 

 


 

 Seru dan menarik kan wisata di daerah ini , Next aku akan tulis juga mengenai destinasi wisata selanjutnya yang gak kalah seru dan menarik  saat kita mengunjungi Taichung. 

 

 

“Terima kasih kepada Taiwan's Small and Medium Enterprise Administration, Ministry of Economic Affairs yang telah mengundang saya untuk membagikan informasi terkait distrik perbelanjaan (shopping district) di Taiwan dan memberikan saya foto informasi.”

 

 

Jadi tunggu apalagi yuks rencanakan liburan ke Taiwan setelah pandemi ini berakhir  dan buat moment tak terlupakan dengan menjelajahi salah satu distrik Taiwan yang memukau.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16 komentar:

  1. masa-masa lagi kegirangan nonton F4 aku tuh suka ngayal bisa ke Taiwan dan menikmati banyak wisata yang ada di sana

    BalasHapus
  2. Wah kudu masuk list sehabis pandemi nih, kok ini destinasinya seru ya mbak. Jadi kangen banget liburan deh sekali-kali pengen gitu main ke Taiwan.

    BalasHapus
  3. kirain aku di korea? mirip2 soalnya tapi pas liat bahasanya ketahuan deh ini di taiwan. keren nih destinasinya, tapi udah ramah kursi roda belom ya?

    BalasHapus
  4. Sholawatin dulu siapa tahu bisa sampai sana, ngeliat makanannya kok bikin ngiler seru mbk infonya

    BalasHapus
  5. Kalau lihat dari harga2 yang tertera sepertinya makanan di sana nggak terlalu mahal ya. Masih relatif terjangkau buat turis.

    BalasHapus
  6. Taiwan destinasi wisata yang menarik karena masih sangat alami di tengah modernisasi yaa...
    Banyak yang bersepeda menikmati ritme kehidupan yang serba cepat di sebuah negara maju.

    BalasHapus
  7. Taiwan salah satu wishlist travelingku juga mbak. Apalagi tetangga sebelah rumah banget lagi lanjutin kuliah S3 di sana dari tahun kemarin bikin mupeng. Kalau di sana pengen napak tilas tempat-tempat shooting Meteor Garden gitu haha.

    BalasHapus
  8. Unik bener ya es mutiara hanya dijual tujuh bulan dalam setahun. Jadi mau kesana langsung. Meluncur ke Taiwan

    BalasHapus
  9. Dulu perjalananku ke Taiwan kurang memorable kak.. selain karena ikut tur, pas itu ada Taifun.. jadi jalan2nya lupa yang diingat taifunnya aja

    BalasHapus
  10. Bismillah semoga ada rejeki bisa main ke Taiwan diriku Mba. Dulu pernah tinggal dan kerja di Hongkong tapi belum kenal dunia ngeblog. Hiks kan bisa ku abadikan ya. Heheheh

    BalasHapus
  11. Salah satu negara yang ingin kukunjung atau kutinggali #eh
    Suka sama penanganan pandemi di negara itu. Tapi kyknya saat ini kita blm boleh ke sana gak sih? Soalnya bbrp tmn yang kuliah di sana blm boleh mudik.
    Semoga Indonesia bisa membaik jd kita diizinkan masuk sana. Kuliner di sana ternyata jg menarik utk dicoba yaaa

    BalasHapus
  12. Modelnya kayak Jepang ya mba, dibagi per distrik gitu.
    Banyak sekali tempat yang menarik dan bersejarah untuk dikunjungi nih. Takjub dengan bangunan yang dibuat dengan menggunakan gula merah tuh.

    BalasHapus
  13. bacain reviewnya soal taiwan jadi kangen banget buat jalan-jalan kak, seru abis deh, pengen segera ke sana, apalagi lihat es buahnya ya ampun ngiler pas banget di sini panas abis

    BalasHapus
  14. Baca post ini jadi dapat gambaran sedikit mengenai Taiwan. Dari foto-foto pemandangannya di atas keren juga. Btw saya jadi penasaran dengan tahu busuk yang bisa jadi makanan favorit orang sana

    BalasHapus
  15. suasananya mirip mirip jepang yaa. kangen liburan bgd semoga bisa kasana liburan yaaa

    BalasHapus
  16. ini salah satu destinasi aku kalau ada kesempatan untuk pergi ke LN. karena tempatnya tuh enak banget

    BalasHapus