Dulcolax Solusi mengatasi masalah sembelit saat berpuasa

Rabu, 08 Mei 2019



hai semua taukah kamu saat puasa penting sekali  untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, karena pencernaan yang bermasalah akan menghambat aktivitas puasa yang kita jalani , yang nantinya juga akan memengaruhi aktivitas selama bulan Ramadan.

Pernah gak sih selama berpuasa kamu mengalami susah BAB atau sembelit ?? Sembelit adalah gejala umum yang banyak dialami orang saat puasa. Dalam kebanyakan kasus, susah BAB saat puasa terjadi karena usus besar menyerap terlalu banyak air dari makanan yang ada di usus besar. Semakin lambat makanan bergerak melalui saluran pencernaan, semakin banyak air yang akan diserap usus besar darinya. Akibatnya, kotoran menjadi kering dan keras sehingga frekuensi untuk buang air besar jadi berkurang.Dan ternyata 2 dari 3 orang mengalami sembelit selama berpuasa loh. Lalu bagaimana cara atau tips mengatasi sembelit atau susah BAB saat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramdhan ini.


Berikut tips agar pencernaan sehat saat puasa   

1. Banyak Minum Air Putih

Di saat buka hingga sahur biasakan kita untuk meminum 8-9 gelas air putih karena merasa sudah kenyang dengan takjil dan makanan yang berlimpah kadang kita lupa untuk minum banyak air putih,padahal air putih sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Karena minum air dalam jumlah sedikit bisa memperlambat sistem pencernaan. Salah satu contohnya adalah sulit atau keras saat buang air besar.

2. Makan makanan berserat saat sahur dan berbuka

Untuk menjaga pencernaan sehat saat puasa adalah dengan makan makanan yang mengandung serat. Mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti biji-bijian, sayuran, kacang polong, dan buah-buahan dapat menjaga sistem pencernaan kita tetap baik dan menjaga tubuh tetap fit dan sehat.

 3. Batasi makan makanan berlemak

Salah satu cara untuk menjaga pencernaan sehat saat puasa adalah dengan membatasi asupan makanan berlemak saat sahur dan berbuka. Karena makanan berlemak memperlambat proses pencernaan makanan, serta membuat Anda lebih rentan mengalami sembelit.

 4. Makan makanan probiotik

Makanan atau minum makanan yang kaya akan probiotik juga bagus untuk pencernaan sehat, karena yoghurt atau kimchi, mengandung bakteri baik yang menguntungkan bagi usus manusia. Bakteri baik ini, biasanya digunakan untuk mencegah dan meringankan masalah usus. Dengan makan makanan probiotik, Anda dapat melancarkan masalah sembelit dan membuat makanan lebih cepat dicerna oleh tubuh. Para ahli menyarankan untuk makan atau minum suplemen probiotik saat puasa di waktu berbuka untuk menormalkan pergerakan usus besar Anda.

5. Kurangi dan hindari stress

Salah satu penelitian mengatakan bahwa stres bisa memengaruhi kesehatan pencernaan Anda, khususnya usus. Para peneliti berpendapat bahwa stres bisa membuat usus meradang yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu sistem yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus. Maka dari itu, hindari berbagi hal berbau stress yang bisa mengancam kesehatan pencernaan Anda saat berpuasa.



Sudah banyak makan serat di saat buka puasa dan sahur tapi masih sembelit? Bukan hanya dari makanan, metabolisme tubuh yang menurun juga menjadi sebab terjadi sembelit pada sebagian besar orang yang berpuasa.Frekuensi makan yang berkurang membuat aktivitas organ pencernaan ikut berkurang dan menjadi penyebab sembelit di saat puasa.
Pada dasarnya kebiasaan buang air besar setiap orang itu berbeda-beda.Tapi biasanya dibutuhkan waktu hingga tiga hari untuk makanan yang dimakan akhirnya dicerna dan diserap tubuh. Sehingga tidak BAB selama lebih dari tiga hari bisa dikategorikan sembelit. Karena setelah tiga hari, struktur feses akan menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Kalau sudah sembelit begini biasanya aya mengkonsumsi obat pencahar yang sudah terbukti khasiatnya antara lain Dulcolax.




Dalam rangka World Digestive Health Day ( hari kesehatan pencernaan Dunia) senang sekali saya bisa menghadiri event blogger gathering bersama Dulcolax bertepatan di Kedai Kopi Kemang raya dan dibalut suasana serba hijau diacara hari ini  mengusung tema " Puasa Lancar Perut Nyaman ".

Dikesempatan kali ini hadir Dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Sanofi Medical Expert , Debi Widianti ( Senior Brand Manager Dulcolax) dan Nycta Gina yang akan sharing seputar menjaga pencernaan lancar saat berpuasa.



Menurut dr. Riana Nirmala normalnya kita BAB adalah sehari sekali atau 3 kali dalam seminggu jika merasa kurang dari itu sudah bisa dikatagorikan mengalami sembelit. Melakukan pola hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat ,berolahraga,tidak merokok ataupun minum beralkohol dapat mengurangi terjadinya sembelit.

Nycta gina juga sharing saat awal melahirkan dia juga mengalami masalah sembelit dan untuk itu dia mengkonsumsi banyak serta dengan buah atau sayuran dan jika merasa bosan bisa disajikan dengan dijus.



Namun jika sudah sembelit salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat pencahar. Salah satunya adalah Dulcolax brand global terpecaya yang memang sudah teruji secara klinis apalagi sudah memasuki angka 60 tahun produknya dikonsumsi dipasaran jadi sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.






Dulcolax hadir dalam berbagai varian produk baik berupa tablet, sirup maupun Supositoria. Dan ada kemasan praktis Sebagai solusi praktis Dulcolax Tablet juga hadir dalam kemasan yang berisi 4 tablet yang mudah dibawa kemanapun.  Jadi saat sembelit gak perlu bingung karena ada Dulcolax solusi yang diandalkan untuk mengatasi masalah sembelit.

#Dulcolax #JanganBiarinNumpuk #AtasiSusahBAB


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Copyright © Diary Arumi Ningsih. Blog Design by SkyandStars.co