Pentingnya Peran Imun agar Sikecil Tidak Mudah Sakit

Rabu, 11 September 2019


Cuaca akhir-akhir ini yang tak menentu kadang panas sekali kadang hujan sebentar  pasti gampang membuat anak mudah sakit ya mom, apalagi jika sistem imunya menurut pasti dengan mudah bakteri dan virus mudah masuk . Usia balita dan anak usia sekolah seperti anak-anakku nih, mereka sangat rentan tertular penyakit dari lingkungan dan disekolahnya. Saat salah satu temen anakku terkena flu atau batuk, dan kondisi anakku mulai terlihat kelelahan pasti keesokan harinya dia juga akan tertular.

Oleh karena itu sebagai orangtua kita harus menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah tertular. Dan jika kita sudah melihat gejala letih,lemah dan lesu yang ditunjukan si kecil atau biasanya si kecil aktif,ceria dan makannya lahap, tapi sebaliknya jika anak-anak merasa tidak fit, ia cenderung malas beraktifitas, napsu makannya pun menurun.




STIMUNO Blogger Gathering

Beberapa hari yang lalu aku menghadiri Stimuno blogger gathering "Kenapa Anak Mudah Sakit ", bertepatan di Kembang Goela Resto Plaza Sentral Sudirman  Menurut Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), banyak sekali penyebab daya tubuh anak mudah menurun. Bisa disebabkan oleh polusi,virus,bakteri,atau toksin yang bisa menyerang daya tahan tubuh anak kapan pun dan dimana pun.
Biasanya faktor lingkungan kita tinggal, tempat bermain anak-anak dan sekolah menjadi tempat penyebaran virus dan bakteri .Apalagi perubahan cuaca juga berperan aktif didalamnya, Seperti kita yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, yang kondisi udaranya sangat buruk, rentan sekali terhadap penyakit dengan saluran pernafasan seperti ISPA. Selain itu faktor dari dalam tubuh si kecil juga menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh, seperti karena makanan yang kurang bergizi, terlalu banyak bermain sehingga kurang istirahat. 



Dampak jika anak sakit

Dampak jika anak tidak tercukupi asupan nutrisinya, pola istirahatnya kurang dan kondisi lingkungannya tidak bersih ,maka anak-anak akan mudah sakit. Lalu dampaknya tidak hanya dirasakan saat sakit saja tapi dimasa yang akan datang juga seperti:
  • Badan anak mudah letih, lesu dan tidak bersemangat.
  • Aktifitas harian terganggu,seperti sekolah dan bermain nya akan terhambat apalagi prestasinya juga bisa terganggu
  • Anak kehilangan napsu makan sehingga tumbuh kembang anak terhambat.

Bagaimana agar anak tidak mudah sakit ?
Agar anak-anak tidak mudah sakit kita sebagai orang tua berperan penting untuk menjaga daya tahan dan sistem imun anak dengan baik dan caranya adalah :
  • Penuhi asupan nutrisi anak dengan baik, dengan memberikan pola makan dengan gizi yang sehat dan seimbang.
  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar anak, karena virus dan bakteri senang berkembang ditempat yang kotor, jadi jaga selalu lingkungan anak agar selau bersih.
  • Ajak anak aktif bergerak, dengan anak aktif bergerak maka sistem metabolisme anak menjadi lebih bagus.
  • Menggunakan Imunomodulator saat lingkungan disekitar anak memburuk, contohnya bila dilingkungan sekolah atau rumah ada yang sakit



Tips Mempertahankan Kekebalan Tubuh Anak

  1. Pencegahan Infeksi. Jaga jarak atau jangan  mendekati anak yang sedang sakit.
  2. Pencegahan penyakit ganas dengan cara menjaga dan mengkikuti pola hidup sehat.
  3. Hindari obat-obatan tertentu kecuali dengan resep dan pengawasan dokter.
  4. Gizi yang baik, jangan lupa memperhatikan daya tahan tubuh dengan cara memenuhi gizi melalui makanan, imunisasi dan vaksin.
  5. Hindari kontak dengan infeksi pada usia yang  muda atau tua.

Mengenal STIMUNO

Stimuno pasti yang memiliki anak-anak sudah tidak asing dengan obat ini karena Stimuno merupakan obat kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh (system imun) yang dikeluarkan oleh Dexa. Yang merupakan satu atap dengan obat Rhinos dan Folamil Genio. Untuk Stimuno ini dijual bebas dipasaran dan mudah didapatkan sehingga untuk mengonsumsinya tidak perlu resep dokter. Stimuno tergolong herbal modern yang sudah mengantongi label Fitofarmaka. Fitofarmaka yaitu sertifikasi produk herbal dari BPOM dengan grade tertinggi dan telah lolos uji klinis untuk mutu, khasiat dan keamanannya.
 
Stimuno tersedia untuk anak dan dewasa berupa tablet/kaplet minum. Sementara untuk anak tersedia varian syrup dengan tiga rasa yaitu original tutty fruity, anggur, dan orange berry. Setiap 5 ml obat sirup mengandung 25 mg ekstrak meniran hijau yang dikemas dalam botol berukuran 60 ml dan 100 ml. Serta kemasan stick pack atau sachet sekali minum berukuran 5ml yang sangat praktis dibawa kemana-mana bahkan saat kita sedang travelling sekalipun bersama anak.


Kesimpulan

Mari kita jaga kebersihgan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat kepada anak-anak kita dan  berikan perlindungan untuk anak sebelum diserang kuman bakteri dan virus jahat dari lingkungan sekitar.Karena lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik berikan Stimuno jika si kecil sudah mulai menunjukan gejala kurang fit. Stimuno juga bisa dikonsumsi saat terjadi wabah virus, seperti virus flu, TB, cacar, ISPA dan penyakit lainnya.
Pada proses penyembuhan, Stimuno bisa dikonsumsi sebanyak 3X sehari. Sementara untuk pencegahan bisa diminum 1X sehari. Bahkan, berbarengan dengan obat lain atau setelah minum susu. Konsultasikan dengan dokter jika si kecil memiliki riwayat kesehatan lain ya mom.


19 komentar:

  1. Aku setuju banget nih, ngejaga sistem imun anak biar ga gampang sakit, selain dari makanan suplemen imun juga menjadi salah satu yg wajib untuk anak.

    BalasHapus
  2. Iya biar anak ga gampang sakit yah, apalagi pas cuaca kurang bagus seperti sekarang jadinya butuh asupan imun yang ekstra.

    BalasHapus
  3. betul banget, sistem imun itu penting banget. dan tentunnya harus diboost dengan suplemen dari luar salah satunya stimuno ini :)

    BalasHapus
  4. anakku juga pakai stimuno mbak dari kecil, puji Tuhan sampai sekarang jarang sakit, pasti karena di boost sama stimuno

    BalasHapus
  5. alhamdulillah anakku juga konsumsi stimuno, emang bener banget sih mencegah lebih baik daripada mengobati pake stimuno jadi jarang banget sakit

    BalasHapus
  6. Kemarin pas ray sakit aku juga nyoba stimuno ini mba, alhamdulilah cocok makanya aku stock juga nih untuk ditaro di rumah hehe

    BalasHapus
  7. Ak bisa share nih sama kaka iparku yg punya anak2 usia aktif agar bisa menjadi obat saat mereka sakit

    BalasHapus
  8. hai mba Rumi salam kenal cantik sekali mba :) iya nih cuaca belakangan ga bersahabat yah butuh banget stimuno semoga anak2 bisa tetap sehat

    BalasHapus
  9. Stimuno anak ini bisa dipakai mulai dari anak usia berapa ya mbak? Karena saya juga memakai stimuno yg dewasa, baru tau kalau ada untuk anak juga

    BalasHapus
  10. Betul banget anak-anak wajib banget diberi asupan nutrisi dan Stimuno supaya sistem imun mereka kuat dan jadi ga gampang sakit

    BalasHapus
  11. apalagi di musim pancaroba begini. saya yg emak2 ajah sering kena flu. kasian kalau si kecil tertular, saya langsung menguatkan fisik jadi sehari doang sakitnya (tapi sering). perlu banget tambahan imun buat sang buah hati

    BalasHapus
  12. Di musim pancaroba seperti saat ini memang penting sekali untuk meningkatkan imun terutama bagi anak-anak ya

    BalasHapus
  13. aku yang udah gede aja masih sering sakit karena perubahan musim nih XD Memang imun penting banget buat tubuh yaa

    BalasHapus
  14. Stimuno ini wajib ada di rumah. Anak-anakku walau sudah nggak balita lagi, lebih cocok minum Stimuno buat booster, apalagi mereka banyak aktivitasnya.
    Anakku suka yang original dan anggur.

    BalasHapus
  15. Menjaga imunitas anak emang harus ekstra ya, mbak. Untung ada Stimuno biar anak-anak lebih kebal terhadap penyakit.

    BalasHapus
  16. Wah bisa diminum setelah minum susu ya. Anakku kadang minum Stimuno tapi gak rutin.

    BalasHapus
  17. Stimuno rasanya enak..
    Anak-anak dijamin suka dan yang pasti bisa bikin imunitas meningkat.

    BalasHapus
  18. bener, selain jaga kebersihan dan asupan makanan vitamin tuh penting bgt buat jaga imun tubuh!

    BalasHapus
  19. Aku juga pake ini mom pake stimuno ini soalnya anakku kan kadang kena batuk pilek..pake ini jadi lebih enakan badannya

    BalasHapus

Copyright © Diary Arumi Ningsih. Blog Design by SkyandStars.co